Jumat, 18 Oktober 2013

16 Kelebihan Bahasa Indonesia di Mata Dunia


1. Dijadikan Bahasa Resmi Ke - 2 di Vietnam

Spoilerfor 1:
Quote:Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007, kata seorang diplomat Indonesia.


Quote:
2. Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 Negara di dunia
Spoilerfor 2:
Quote:Walaupun yang paling efektif merubah citra adalah merubah realitas, namun peran budaya dan bahasa Indonesia dalam diplomasi sangat krusial. Tingginya minat orang asing belajar bahasa dan budaya Indonesia harus disambut positif. Kalau perlu Indonesia menambah Pusat Kebudayaan Indonesia di sejumlah negara, guna membangun saling pengertian dan perbaiki citra.


Quote:
3. Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia dan Terbesar Ketiga di Asia
Spoilerfor 3:
Quote:Menulis ensiklopedia bebas di internet semakin digemari masyarakat Indonesia. Bahkan ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Wikipedia Indonesia, telah menjadi ensiklopedia elektronik terbesar ketiga setelah Wikipedia berbahasa Jepang dan Mandarin. “Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia.


Quote:
4. Bahasa Indonesia bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress
Spoilerfor 4:
Quote:Fakta bahwa setelah Spanyol, Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting-posting­ WordPress. Indonesia pun adalah negara kedua terbesar di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru WordPress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.


Quote:
5. Bahasa dan Musik Indonesia dikirim ke luar angkasa

Spoilerfor 5:
Quote:Satelit Voyager adalah sebuah wahana luar angkasa tanpa awak yang diluncurkan amerika serikat tahun 1977. Digerakkan dengan tenaga nuklir, voyager diharapkan mampu mengirim data ke bumi sampai tahun 2025 ( 48 tahun setelah diluncurkan) sebelum pasokan listriknya habis.

Isi dari piringan emas ini dipilih untuk NASA oleh sebuah tim yang diketuai oleh Carl Sagan dari Universitas Cornell. Dr. Sagan dan timnya mengumpulkan 115 gambar berikut sebuah rekaman suara-suara alam, seperti suara ombak, angin, petir, serta suara-suara binatang, termasuk kicauan burung dan suara dari ikan paus. Selain itu, piringan ini juga diisi dengan musik dari berbagai budaya dan era yang berbeda, serta ucapan salam dalam 55 bahasa termasuk diantaranya bahasa Indonesia.



Quote:
6. Keunikan Angka dalam Bahasa Indonesia
Spoilerfor 6:
Ternyata setiap bilangan mempunyai saudara ditandai dengan huruf awal yang sama. Bila kedua saudara ini dijumlahkan angkanya, maka hasilnya pasti sepuluh. Contohnya Satu dan Sembilan mempunyai huruf awal, yaitu S, dan bila dijumlahkan satu dan sembilan hasilnya adalah sepuluh.


Quote:
7. Paling Populer di Australia
Spoilerfor 7:
Quote:Perlu kamu tahu nih kawan, di Australia, bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer keempat. Ada kurang lebih 500 sekolah pada tingkat pendidikan dasar yang mengajarkan bahasa Indonesia di negara kanguru ini. Sama seperti di Negara kita, Bahasa Indonesia adalah bahasa yang wajib dipelajari di tingkat sekolah dasar. Beberapa universitas di Australia ini juga ada yang menyediakan jurusan bahasa atau sastra Indonesia lho, hal ini membuat Australia menjadi salah satu negara yang paling populer mengembangkan bahasa Indonesia. jadi jangan heran kalau kamu sedang berkunjung ke Australia, kamu menemukan anak – anak SD yang bisa menyapa kita dengan sapaan khas orang Indonesia ‘Selamat pagi, apa kabar?’


Quote:
8. Pusat Studi Indonesia di Afrika
Spoilerfor 8:
Quote:Salah satu Negara di benua Afrika, yaitu Mesir tercatat sebagai negara yang paling utama mengembangkan bahasa Indonesia, kawan. Negara piramid dan sphinx ini baru saja membangun Pusat Studi Indonesia lho. Pusat Studi ini ada di Suez Canal University, dan merupakan langkah awal untuk lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya.


Quote:
9. Menjadi Bahasa Pilihan di Situs Klub Sepak Bola
Spoilerfor 9:
Quote:Siapa coba yang nggak tahu Juventus, Intermilan, dan AC Milan. Yup, tiga klub sepak bola di Itali ini telah meluncurkan situs resmi mereka dalam bahasa Indonesia. Hal itu menunjukan kalau Itali juga memiliki minat mendalam terhadap bahasa Indonesia. Wow!


Quote:
10. Lama di Jepang
Spoilerfor 10:
Quote:Di negara matahari terbit ini sudah lama didirikan pusat-pusat studi Indonesia, kawan. Salah satunya yang didirikan oleh Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang tahun 1969.


Quote:
11. Bahasa yang Diprioritaskan di Vietnam
Spoilerfor 11:
Quote:Vietnam juga merupakan negara yang menghargai bahasa Indonesia. Di Vietnam, posisi bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis dan Jepang sebagai bahasa resmi yang diprioritaskan.


Quote:
12. Bahasa sehari-hari yang sering digunakan di Timor Leste.
Spoilerfor 12:
Quote:Sudah tahu kan bahwa dulu Timor Leste adalah bagian dari NKRI, namun meskipun sudah memisahkan diri masih banyak warganya yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari, seperti dalam bertransaksi di pasar, bahasa pengantar dalam pendidikan, dsb.


UPDATE

Quote:
13. Perwira di Kamboja wajib bisa berbahasa Indonesia

Spoilerfor 13:
Quote:Buku - buku taktik perang karangan perwira militer Indonesia banyak digunakan oleh militer Kamboja. Oleh karenanya, para calon perwira di militer Kamboja, wajib belajar dan dapat berbahasa Indonesia. (wikipedia)


Quote:14. Bahasa Indonesia Akan Menjadi Bahasa Resmi ASEAN
Spoilerfor 14:
Quote:Bila tak ada halangan pada bulan September nanti, para delegasi ASEAN Inter-Parliamentary Assemby (AIPA) menggelar pertemuan lanjutandi Kamboja. Yang menarik, dalam pertemuan itu akan diputuskan, apakah bahasa Indonesia akan menjadi bahasa resmi negara-negara ASEAN. Hal ini terungkap dari pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie yang menjadi salah seorang delegasi Indonsia disela-sela pertemuan tingkat tinggi KTT. (topix)


Quote:
15. Lagu Indonesia yang terkenal di Jepang dan Rusia
Spoilerfor 15:
Quote:Bengawan Solo adalah sebuah lagu Indonesia berirama keroncong yang terkenal ciptaan Gesang. Diciptakan pada tahun 1940, lagu ini terinsipirasi dari sebuah sungai asli dengan nama yang sama di Jawa Tengah. Liriknya mendeskripsikan sungai tersebut dengan gaya yang nostalgia. Setelah Perang Dunia II, pasukan Jepang yang kembali ke negaranya membawa lagu ini bersama mereka. Di sana, lagu ini menjadi populer setelah dinyanyikan berbagai penyanyi, di antaranya Toshi Matsuda. Di Uni Soviet lagu itu dinyanyikan dengan suikses oleh penyanyi Maya Golovnya.


Quote:
Karya Sastra Indonesia yang diterjemahkan dalam 30 bahasa
Spoilerfor 16:
Quote:Novel Bumi Manusia karya Promedya sudah diterjemahkan lebih dari 30 bahasa, sayang di negara sendiri buku ini dilarang oleh pemerintah di masanya. Banyak penghargaan yang di dapatkan dari karya sastra ini, tidak hanya itu hebatnya karya sastra ini menjadi nominasi peraih nobel sastra dan satu-satunya dari Indonesia yang pernah ada. (nafibuncis) Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/5216d1e919cb172528000006

7 komentar:

  1. Bangga jadi orang Indonesia. Menghargai Indonesia bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari sikap kita terhadap negara misalnya menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Mampir ke blog ane ya gan http://ragambahasakita.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Sudah sepantasnya kita bangga,dan seharusnya kita juga harus menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

    BalasHapus
  3. Sudah sepantasnya kita bangga,dan seharusnya kita juga harus menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

    BalasHapus
  4. Wah.... bangga nya jd anak indonesia
    Hidup Ibu Pertiwi.....

    BalasHapus