Cara Membaca Tablature Gitar walaupun bisa di baca dengan software guitar pro, namun pengetahuan dasar pembacaan tablature wajib dikuasai oleh para gitaris.
Cara Membaca Tablatur gitar

Sebelumya kita harus memahami letak strings open nya terlebih dahulu. seperti pada gambar berikut :
Cara Membaca Tablature Gitar sebenarnya sangat mudah, biasanya Cara Membaca Tablature Gitar sudah disajikan dalam bentuk suatu garis dan titik penempatan jari pada fretboard gitar itu sendiri. sebagai contoh, tablature gitar tanpa menekan fretboard gitar di gambarkan sebagai berikut
E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
seperti sudah di jelaskan pada postingan sebelumnya, bahwa urutan nada gitar secara standard adalah dengan ditunjukkan dengan urutan E A D G B E dan di gambarkan seperti gambar di atas. secara teori gambar di atas adalah menunjukkan string gitar terbuka, dalam artian tidak ada penekanan jari pada satu titik fretboard.
nah, Cara Membaca Tablature Gitar adalah dengan membaca lambang atau gambar yang sudah di tunjukkan seperti di atas, sebagai contoh ada suatu tablature gitar dengan gambar sebagai berikut
E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—0–1–2–3–4–5–6——————————————-
dari gambar di atas maka kita membacanya adalah : angka 0 1 2 3 4 5 6 memiliki arti itu adalah urutan fret yang kita tekan , dan angka itu berada di dtrings E, jadi artinya kita menekan secara berurutan pada senar E yaitu :
0 ———> strings open artinya kita petik strings E tanpa menekan fretboard
1———–> strings E dengan menekan fret 1 pada strings E, artinya kita memetik senar E pada posisi fret 1 kita tekan. untuk pengetahuan apa itu fret dsb sudah dijelaskan di postingan sebelumnya.
2———— sama seperti 1 namun berada di fret 2 yang di tekan,begitu seterusnya.
nah berarti dari gambar di atas tersebut, kita secara berurutan memetik strings E dari open strings, fret 1, fret 2, fret 3, sampai fret 6 , kita petik sesuai urutan angka pada gambar tablature. cukup mudah bukan?
bentuk lain Cara Membaca Tablature Gitar.
E—-3————————————————————
B—-3————————————————————
G—-4————————————————————
D—-5————————————————————
A—-5————————————————————
E—-3————————————————————
Bentuk notasi di atas adalah bentuk chord, yaitu memetik secara bersamaan, berbeda dengan bentuk seperti melodi pada gambar di atasnya. cara membacanya adalah :
3 3 4 5 5 3 kita tekan secara bersamaan dan kita genjreng, karena ada dalam 1 garis lurus berarti kita tekan secara bersama.
strings E fret 3 , B fret 3 , G fret 4, D fret 5, A fret 5, dan E fret 3, kalau kita aplikasikan akan membentuk chord G mayor.
bentuk lain Cara Membaca Tablature Gitar
E——–3——————————————————–
B——-3———————————————————
G——4———————————————————-
D—–5———————————————————–
A—-5————————————————————
E—3————————————————————-
Bentuk Cara Membaca Tablature Gitar di atas berbeda lagi, dimana tidak berada dalam satu garis lurus berarti itu dimainkan secara bergantian dan tidak di petik secara bersamaan. dimulai dari angka yang paling kiri ke kanan, berarti kita bergantian memetik strings E fret 3 lalu strings A fret 5 lalu strings D fret 5 lalu strings G fret 4 lalu strings B fret 3 lalu strings E fret 3. dan dipetik secara berurutan , karena tidak dalam satu garis lurus seperti pembentukan chord G mayor pada gambar sebelumnya.
lalu Cara Membaca Tablature Gitar ada bentuk lain lagi
E——————3———————————————-
B—————3—–3——————————————–
G————4———–4—————————————–
D———5—————–5————————————–
A——5———————–5———————————-
E—3—————————–3——————————–
Bentuk di atas hampir sama dengan bentuk berurutan sebelum bentuk ini, cara membacanya sama dengan bergantian memetik strings E fret 3 lalu strings A fret 5 lalu strings D fret 5 lalu strings G fret 4 lalu strings B fret 3 lalu strings E fret 3. dan dipetik secara berurutan , karena tidak dalam satu garis lurus, namun setelah strings E fret 3 lalu kita kembali menekan strings B fret 3 lalu strings G fret 4 lalu strings D fret 5 lalu string A fret 5 lalu strings E fret 3.
Cara Membaca Tablature Gitar di atas adalah bentuk bentuk dasar,secara kompleks nanti dijelaskan lagi lambang lambang yang menyertai pembacaan tablature gitar yang akan saya bahas pada postingan selanjutnya, namun cara membaca tab secara hafal penempatannya seperti dasar di atas adalah sangat penting, sebelum gitaris mengetahui lambang lainnya yang menyertai pembacaantablature, maka gitaris wajib menghafal luar kepala notasi dasar yang sudah di postingkan di atas.